Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

Menyadari betapa pentingnya baterai pada smartphone banyak vendor yang membuat smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Namun tetap saja meski memiliki kapasitas baterai sangat besar, namun tetap saja kekurangan dari ponsel pintar adalah baterai yang cepat habis. Menyadari hal itu banyak pengembang smartphone yang menciptakan teknologi power bank.

Power bank merupakan sebuah alat portable untuk isi ulang baterai smartphone di mana dan kapan saja. Penggunaan power bank sangat mudah dan efisien, oleh karena itu bnyak pengguna smartphone yang selalu membawa power bank ke mana saja mereka pergi. Namun terkadang power bank tiba-tiba rusak, hal ini di sebabkan karena perawatan yang kurang maksimal. Nah, pada artikel kali d-bests akan memberikan Tips Merawat Power Bank Agar Awet dan Tahan Lama, jadi kamu tidak perlu membeli power bank baru lagi.

 

Tips Merawat Power Bank Agar Awet dan Tahan Lama

 

1.Bijak Dalam Isi Ulang Daya

 

Sebagai alat untuk menampung daya di kala baterai smartphone habis, power bank perlu di isi ulang agar dapat di gunakan kemballi. Sama seperti baterai smartphone, baterai pada power bank juga menggunalan jenis baterai yang dapat di isi ulang yaitu Li-Ion (Lithium Ion) atau Li-Po (Lithium Polimer) yang bisa kamu lihat pada permukaan power bank. Keduanya memiliki siklus daya tahan yang berbeda.

Power bank yang menggunakan jenis baterai Li-Ion memiliki siklus 500 kali isi ulang. Sedangkan power bank yang menggunakan jenis baterai Li-Po memiliiki siklus 1000 kali isi ulang. Jika sudah mencapai batas siklus hidup, maka proses pengisian akan terasa lebih lama. Oleh karena itu jangan terlalu sering isi ulang.

 

2.Isi Ulang Saat Sudah Low

 

Untuk menghindari power bank terlalu sering di isi ulang, sebaiknya kamu isi ulang power bank saat indikatornya sudah low. Jika indikator lampu menunjukan 1 LED maka segeralah untuk kamu isi ulang. Namun jika indikator menunjukan 3 LED maka sebaiknya jangan di isi ulang, karena akan memperpendek siklus hidup power bank kamu.

Hindari juga kebiasaan membiarkan daya pada power bank sampai habis tidak tersisa sama sekali, ini akan mengakibatkan proses isi ulang akan membutuhkan waktu lama dan dapat merusak baterai.

 

3.Hindari Power Bank Over Charging

 

Kebiasaan yang sering di lakukan oleh semua orang adalah membiarkan perangkat gadget sampai over charging. baik itu perangkat smartphone, laptop ataupun power bank. Padahal perangkat yang tidak mendukung over charging protection hal ini dapat membuat baterai mejadi cepat rusak.

Selalu perhatikan indikator LED yang di tampilkan, Jika kamu gemar isi ulang power bank dan meninggalkannya saat tidur maka sebaiknya kamu membeli power bank yang mendukung fitur cut charge (memutuskan daya) untuk menghindari over charge.

 

4.Hindari Menggunakan Smartphone yang Sedang di Isi Ulang

 

Cara merawat power bank agar awet berikutnya adalah dengan menghindari menggunakan smartphone saat di isi ulang menggunakan power bank. Pasalnya jika kamu menggunakan smartphone saat sedang di isi ulang menggunakan power bank hal itu akan membuat arus listrik menjadi tidak stabil. Hal itu berdampak buruk bagi smartphone dan mengakibatkan baterai power bank jadi cepat rusak.

 

5.Hindari Tempat Panas

 

Jika power bank sedang di isi ulang atau sedang di gunakan hindarilah untuk menyimpannya di tempat yang panas. Karena saat power bank sedang di gunakan maka permukaannya akan panas, jika di simpan di tempat yang panas juga, maka tidak ada sirkulasi udara dan power bank akan menyimpan panas berlebih. Dampaknya baterai akan cepat rusak serta permukaan power bank akan terlihat kusam.

 

6.Hindari Benturan

 

Meskipun body pada power bank memiliki design yang terbuat dari bahan metal, namun power bank tidak di rancang tahan terhadap benturan. Jika terlalu sering terbentur benda keras dampaknya baterai serta elemen oitput pada power bank akan kendor dan tidak bisa di gunakan lagi. Usahakan untuk meletakan power bank di tempat yang aman agar tidak terjatuh atau tertindih.

 

7.Selalu Bersihkan Power Bank

 

Sudah beli power bank mahal-mahal karena bentuknya yang lucu tetapi permukaannya jadi kusam karena terlalu sering di simpan di dalam tas. Oleh karena itu luangkan waktu untuk membersihkan power bank.

Cara membersihkan power bank juga sangat mudah, kamu cukup menggunakan tisu beralkohol yang dapat di beli di toko. Usapkan tisu pada permukaan serta bagian output hingga bersih, selalu berhati-hati agar power bank tidak rusak.

 

Charge Sampai Penuh

 

Cara merawat power bank agar tetap awet berikutnya adalah dengan mengisi ulang power bank hingga penuh. Tujuannya adalah agar daya power bank tidak cepat habis dan kamu tidak terlalu sering mengisinya. Untuk mengetahui apakah power bank sudah terisi penuh kamu dapat melihat pada indikator berupa lampu LED atau layar.

Selain itu manfaat lainnya jika kamu mengisi ulang daya power bank sampai penuh adalah kamu jadi tidak perlu khawatir kehabisan daya smartphone, karena sudah ada power bank yang siap untuk isi ulang daya pada smartphone kamu.

 

Jauhkan Dari Barang Elektronik

 

Meskipun terdengan sepele namun dengan menjauhkan power bank dari barang elektronik seperti televisi, kulkas dan benda lainnya akan membuat power bank jadi tahan lama dan tetap awet. Barang elektronik dapat memancarkan gelombang magnetik yang pastinya tidak baik untuk power bank. Jika kamu meletakan power bank di dekat benda-benda elektronik yang memancarkan gelombang magnetik kemungkinan power bank akan mengalami kerusakan.

 

Nah, itu tadi beberapa Tips Merawat Power Bank Agar Tetap Awet dan Tahan Lama. Jika power bank kamu awet maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli power bank baru.