Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet

Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet

Laptop merupakan barang elektronik yang masih belum bisa di gantikan keberadaannya, meskipun saat ini sudah banyak smartphone canggih dengan berbagai fitur. Laptop sangat di butuhkan oleh para pekeja kreatif atau kantoran untuk mengerjakan tugas di mana dan kapan saja, apalagi ketika sedang di kejar dead line laptop sangatlah di butuhkan.

Kamu tidak mau kan laptop yang baru saja di beli rusak karena kurangnya perawatan atau karena perawatan yang salah. Cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak sebenarnya sangat mudah jika kamu tau caranya. Nah pada artikel kali ini akan di ulas bagaimana Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak.

 

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

 

1.Jangan Meletakan Laptop di Atas Kasur

 

Tips merawat laptop agar tetap awet yang pertama adalah dengan tidak meletakannya di atas kasur. Jika kamu meletakan laptop kamu di atas kasur maka sirkulasi dari laptop tidak akan berjalan dengan lancar. Udara hasil pembuangan akan sulit keluar karena tertahan oleh badan kasur. Dampaknya udara panas hasil pembuangan akan berputar kembali ke dalam laptop kamu dan komponen-komponen di dalamnya akan menjadi lebih panas lagi. Jadi laptp akan menyimpan panas yang berlebih dan itu sangat tidak baik bagi komponen di dalamnya.

 

2.Jangan Mengangkat Laptop Dalam Keadaan Menyala

 

Kenapa tidak boleh mengangkat laptop saat sedang  menyala? karena ketika laptop dalam kondisi menyala hardisk masi bekerja takutnya piringan hardisk tersebut akan tergores dan mengalami Bad Sector.

 

3.Jangan Menutup Laptop Setelah di Gunakan

 

Cara merawat laptop baru beli agar tetap awet adalah dengan tidak menutup layar LCD setelah di gunakan. Sebenarnya boleh-boleh saja kamu menutup laptop asalkan laptop ersebut masih dingin karena main dalam ruangan ber-AC. Nah yang tidak boleh itu ketika kamu menutup layar LCD tetapi laptop masih dalam kondisi hangat atau bahkan panas.

Untuk merawat laptop baru agar tidak cepat rusak, hindari menutup langsung layar LCD laptop karena panas yang keluar dari permukaan keyboard akan mengenai LCD dan bisa berakibat fatal bagi LCD tersebut. Jika kamu bermain laptop di ruangan yang tidak memiliki AC atau udarannya panas, sebaiknya menutup LCD setelah kondisi laptop dingin.

 

4.Jangan Terlalu Lama Menggunakan Laptop Untuk Bermain Game Berat

 

Jika kamu bermaingame ringan seperti Zuma dan AngryBird ya tidak masalah. Masalahnya adalah jika kamu menggunakan laptop untuk bermain game berat seperti GTA, PES, Call of Duty dan lain sebagainya dalam jangka waktu yang lama. Komponen di dalam laptop akan mengalami overheat dan bisa mengakibatkan kerusakan yang parah.

 

5.Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

 

Menggunakan laptop terlalu lama juga bisa mengakibatkan overheat atau panas yang berlebih, karena laptop memang di design untuk di pakai terlalu lama. Berbeda dengan komputer yang bisa di nyalakan selama 24 jam.

 

6.Rutin Membersihkan Laptop

 

Jangan lupa untuk selalu membersihkan laptop minimal 2 minggu sekali. Karena debu yang menempel pada permukaan komponen-komponen akan membuat kinerja laptop kamu menjadi lambat dan juga laptop kamu bisa cepat panas. Adapun bagian yang perlu di bersihkan antara lain LCD, keyboard, lubang sirkulasi udara serta baterai. Jika kamu mahir dan terbiasa bongkar pasang laptop maka tidak ada salahnya untuk membersihkan bagian dalam laptop juga.

 

Bagaimana mudah bukan untuk merawat laptop agar tetap awet dan tidak cepat rusak? Dengan menjaga dan merawat laptop dengan baik kamu bisa untuk menghemat pengeluaran karena laptop kamu tidak mudah rusak.